ADIPURA 2022-2025 - Coretan Dua Sembilan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 21 Juni 2022

ADIPURA 2022-2025

Setelah 2 tahun lebih kegiatan Program Adipura tidak jalan, Tahun 2022 ini, program andalan KLHK ini akan berjalan lagi yang akan direncanakan diakhir bulan Juli besok. banyak penyesuaian yang diterapkan mengikuti kebijakan-kebijakan yang berlaku dan untuk mendukung kebijakan-kebijakan tersebut.
Regulasi yang dibuat sebagai dasar pengelolaan sampah baik itu penanganan maupun pengurangan sudah ada banyak dibuat dari hulu sampai ke hilir, dari produsen sampai ke pemerintah daerah. Program Adipura sendiri juga merupakan suatu pedoman pemerintah daerah dalam mewujudkan Kota yang bersih dan berkelanjutan serta Kota yang memiliki standar pelayanan yang baik untuk masyarakatnya.

Sesuai dengan Perpres No.97 Tahun 2017 khususnya pasal 4 menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah wajib menyusun dan melaporkan dokumen Jakstrada terkait pencapaian pengurangan dan penanganan sampah terhadap target yang sudah ditentukan oleh Perpres yang dimaksud.


Terdata pada tahun 2020 TPA open dumping lebih dari 60%, hal ini sangat kontradiktif dengan semangat pengelolaan sampah di Indonesia.
Adipura tahun ini selain mempertimbangkan data jakstrada yaitu capaian pengurangan dan penanganan sampah (sampah terkelola), tetapi saat ini melibatkan indikator proklim yang akan dimasukkan ke dalam penilaian Adipura. Juga akan ada penilaian melalui pemantauan berbasis teknologi.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar